Kamis, 24 Desember 2009

APA ITU PHOTOGRAPHY POTRET..??


Menurut wikipedia, definisi photography (kita sebut fotografi) adalah proses pembuatan gambar dengan cara menangkap sinar pada media yang sensitif terhadap cahaya, seperti sensor atau film.
Pola cahaya dipantulkan dan direkam oleh film atau chip sepanjang waktu tertentu. Proses ini dilakukan secara mekanik, kimiawi atau digital dengan menggunakan perangkat yang disebut kamera. Objek utama pada fotografi sangat memegang peranan penting dalam menentukan 'aliran' fotografi.
Saat ini terdapat berbagai aliran/jenis fotografi, misalnya :


- Animal & Wildlife fotografi

- Nature fotografi

- Portrait (potret) fotografi

- Holidays and Event fotografi
- Astrophotography dan banyak lagi..


Fotografi potret adalah salah satu jenis fotografi yang mengabadikan manusia sebagai objek utamanya. Potret memang berbeda dengan jenis fotografi yg lain, sebagian orang malah menganggap potret lebih sulit daripada fotografi yg lain. Hal ini dikarenakan dalam memotret bukan cuma merekam bagaimana rupa orang saja, tetapi juga menangkap karakter orang.


Karena potret harus menampakkan karakteristik seseorang, maka seorang potografer potret harus cerdik dalam mengenali orang. Karakteristik orang beda beda, ada yg ekspresinya langsung tampak sesuai keadaan perasaan dirinya tetapi ada juga orang yg ekspresinya tersembunyi. Sehingga dalam mengahadapi orang yg ekspresinya tersembunyi peranan seorang fotografer dalam mencairkan suasana pemotretan sangat dibutuhkan.


Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar