Selasa, 15 Desember 2009

TIPS MEMBELI LAPTOP BARU

Long time ago, diriku sempet bingung pas pertama kali mo beli laptop,.pertimbangannya mulai dari merk, model, ampe bujet..pokonamah lieur lah kalo dipikiran (^_^), dibawah ini ada beberapa tips buat milih laptop baru yg dirikuh dapatkan dari bbrapa sumber plus pengalaman pribadi,.

1. Tentukan kebutuhan anda terhadap laptop.
kira kira laptopnya untuk pekerjaan seperti apa.?pekerjaan2 kantor/office biasa atau mengerjakan desain2 grafis, video editing?

2. Aplikasi / Program yang digunakan.
semakin berat aplikasi atau program yg dipakai, laptop juga harus memiliki resources yg besar, mulai dari ukuran RAM nya, kecepatan prosesor, etc.

3. Seberapa besar anda menggunakan/menyimpan data.

Semakin besar ukuran data yg digunakan tentu berpengaruh terhadap memori hardisk laptop, bisa juga anda membeli laptop dengan memori internal yg tidak terlalu besar tetapi laptop tsb dilengkapi dengan alat output data seperti CD/DVD RW.

4. Seberapa banyak anda menggunakan peralatan lain (card reader, flashdisk, modem).

Hati hati loh..!saya pernah memiliki laptop yg hanya memiliki 2buah port usb dan letaknya saling berdempetan, ketika saya menggunakan 1 port usb untuk MODEM ternyata saya tidak bisa menggunakan port yg lain karena tertutupi oleh sebagian body modem, pilih lah laptop dengan jarak usb port yg kompatibel dengan berbagai peralatan lainnya.

5. Seberapa banyak anda berinteraksi dengan tampilan gambar.

semakin besar/sering anda berinteraksi dengan gambar, maka layar yg lebar akan membuat anda nyaman. Begitu juga dengan grafis card yg memadai hal ini terutama berpengaruh jika anda menikmati gambar dengan grafis yg tinggi, misalnya animasi.

6.Seberapa lama Anda bekerja dengan laptop.

Hal ini berhubungan dengan daya tahan baterai.

7. Upgrade

Apakah laptop anda memungkinkan untuk di upgrade suatu saat nanti? itu jika suatu saat nanti anda ingin meningkatkan kinerja laptop daripada membeli yg lebih baru lagi.

8. Apakah merk laptop tsb memiliki dukungan service center?

Tentunya dukungan service center yg mudah dijangkau dari domisili anda, selain itu dengan melihat penampilan service center biasanya kita akan berasumsi merk tsb profesional atau tidak.

9. Belilah dari toko yg memberikan garansi resmi.

Ingat, bukan hanya garansi toko tetapi garansi dari dealer/distributor resmi (pabrikan pembuat laptop tsb)

10.Design dan Style laptop.

Jika anda merasa nyaman dengan model laptop biasanya kita akan semakin betah menatapnya sehingga kita lebih produktif dalam bekerja,..tetapi hal ini tidak terlalu mutlak.

Well, semoga bermanfaat bagi anda dalam memilih laptop baru next post membahas tentang TIPS MEMILIH LAPTOP BEKAS.


sebagian disunting dari tabloidpcplus.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar